Laman

BLAKBERRY....Hmmmmmm

| Jumat, 02 April 2010 | |
Akhir – akhir ini salah satu gadget yg amat di gemari Indonesia adalah BLACKBERRY, sebab blackberry merupakan salah satu perangkat genggam nirkabel yang memberikan suatu kemudahan kepada kita ( sang pemakai ), dalam melakukan berbagai aktivitas di dalam dunia maya seperti push email, berinternet ria, faksimil internet disamping fungsi utamanya yaitu telepon dan sms.
Hmmmm……klo temen – temen penasaran yuk kita kita selami lebih dalam seperti apa BLACKBERRY itu.

SEJARAH

Blackberry ini pertama kali diperkenalkna pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada yaitu RESEARCH IN MOTON ( RIM ), pada saat itu kemampuan blackberry dalam dalam meyampaikan suatu informasi dari jaringan data nirkabel dari layanan perusahaan telepon genggam sangat mengejutkan dunia.
Blacberry masuk ke Indonesia sekitar tahun 2004 dibawa oleh operator Indosat dan starhub. DImana Indosat ini menyediakan layanan Blacberry Internet service dan Blackberry Enterprise Server. Yang kemudian pasar Blackberry diramaikan oleh dua operator besar lainnya di Indonesia yaitu Exelkom dan Telkomsel.

SISTEM OPERASI

RIM menyediakan system operasi yang multitasking yang memungkinkan Blackberry digunakan secara intens. OS memberikan dukungan untuk MIDP 1.0 dan WAP 1.2, dimana versi sebelumnya memungkinkan sinkronisasi melalui e-mail dan kalende Microsoft Exchange server, dan juga e- mail Lotus Domino.Sementara OS 4 yang terbaru meruoaka pelengkap dari MIDP 2.0 dan memungkinkan aktivitas lengkap dan sinkronisasi dengan e-mail, kalender, daftar tugas, catatan, dan phone book, serta tambahan dukungan bagi novell group wise dan lotus node.

PERANGKAT LUNAK

Blacberry menyediakan beberapa perangkat lunak yang mendukung kegiatan operasi diantaranya :

• Blakberry Enterprise Server ( BES )

BES ini ditujukan untuk pelanggan korporasidengan cakupan usaha yang besar, perangkat lunak ini mengintegrasikan seluruh smartphone Blackberry pada suatu organisasi dengan system perusahaan yang sudah ada, dan keuntungan yang diperoleh adalah dapat memperluas komunikasi nirkabel dan data perusahaan kepada pengguna aktif dengan cara yang aman.

• Blackberry Professional Software ( BPS )

BPS merupakan komjunikasi nirkabel dan kolaborasi solusi bagi usaha kecil dan menengah. Blackberry menghadirkan berbagai fitur yang dibutuhkan oleh karyawan, dengan sebuah paket yang mudah di pasang dan harganya relative murah.


• Blackberry Internet Service ( BIS )

Perangkat lunak blackberry yang satu ini memungkinkan anda untuk mengintegrasikan smartphone dengan 10 akun e-mail yang berbasis POP3 dan IMAP, memerima dan mengirim pesan instan, serta berselancar di dunia maya serta dapat membuka tambahan data attachment dalam bentuk excel, word, power point, pdf, zip, jpg, dan gif dengan tingkat kompresi yang tinggi.

• Blackberry mobile data system

Menyediakan pelanggan sebuah alat pengembangan untuk membangun , menyebarluaskan, serta mengatur interaksi antar blackberry, smartphone dan aplikasi perusahaan.


References Wikipedia.org

0 komentar:

Posting Komentar