Laman

| Rabu, 31 Maret 2010 | |
KEAMANAN JARINGAN( NETWORK SECURITY) I

jaringan komputer merupakan sekumpulan komputer otonom yang saling terhubung melaalui media komunikasi dengan memakai protokol tertentu.manfaat jaringan komputer itu sendiri antara lain adalah memungkinkan untuk melakukan pemakaian sumberdaya secara bersamaan, selain itu jaringan komputer dapat di gunkan untuk berkomunikasi untuk meningkatkan kehandalan dan ketersediaan sistem, tetapi denga manfaat yang besar ini maka muncullah masalah yang sangat menganggu yaitu masalah " keamanan ". Karena bisa saja sewaktu - waktu jaringan yang kita punya di serang oleh orang2 yang tidak bertangggung jawab.

aspek keamanan jaringan antara lain :

1. Confidentiality

kerahasian atas data pribadi, yaitu data yang dapat diakses oleh orang tertentu. potensi serangan ditingkat ini dapat berupa sniffing, man in the middle attack. bentuk perlindungannya dapat di lakukan enkripsi terhadap data tersebut.


2. Integrity

Berhubungan dengan ke-validan data, dimana data harus di jaga agar tetap dalam keadaan asli. bentuk serangannya yaitu spoofing dan bentuk perlindungannya antara lain:message authentication code, digital signature/certificate, hash function, dan logging.

3. Availability

Berhubungsn dengan ketersediaan data, maksudnya data harus tersedia atau dapat diakses jika diperlukan. betuk serangannya adalah DoS( Denial of service), malware, worm, dll

4. Authenticity

meyakinkan keaslian data, sumber data, orang yang mengakses data, dan server yang digunakan. Serangannya dapat berupa identitas palsu, situs palsu atau terminal palsu.

5. Non-repudiation ,dll

Menjaga agar transaksi yang terjadi tidak dapat di sangkal atau dipungkiri, yang umumnya di dipakai dalam kegiatran e-commerce, perlindungannya bisa berupa digital signature, kriptografi, logging.


0 komentar:

Posting Komentar